Informasi Pendaftaran CPNS Lulusan SMA/SMK/MA Sederajat 2018

Informasi Pendaftaran CPNS Lulusan SMA/SMK/MA Sederajat 2018 | Tahun 2018, pendaftaran CPNS lulusan SMA/SMK/MA akan dibuka. Pada tahun sebelumnya, Pemerintah sebenarnya mengutamakan formasi bagian tenaga pendidikan, penegak hukum, serta tenaga kesehatan namun sisanya berasal dari sekolah kedinasan. Jadi, yang akan diambil sebagai CPNS adalah minimal dengan gelar diploma (D3). Bagi yang lulusan SMA/SMK/MA tahun ini jangan berkecil hati dulu karena masih ada peluang. Pemerintah juga memerlukan peminat kursi CPNS 2018 SMK maupun CPNS 2018 SMA dari batas minimum pendidikan sekolah menengah tersebut.

pendaftaran cpns 2018

Peluang CPNS 2018 SMK maupun SMA tidak sebanyak peluang CPNS lainnya sama halnya dengan tahun sebelumnya. Tahun lalu, syarat diterimanya CPNS lulusan sekolah menengah tersebut adalah harus memiliki kelebihan dan keahlian di bidang tertentu. Hal tersebut tentu tidak jauh beda dengan tahun sekarang. Mereka para CPNS 2017 SMK maupun SMA yang lalu mengisi formasi tenaga tertentu, seperti tenaga sipir di Lapas. Formasi penjaga lembaga pemasyarakatan (Tenaga Sipir) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk lulusan SMA telah dibuka oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara tahun 2017 lalu.

CPNS 2018 SMK maupun SMK ditunggu di beberapa instansi besar di Indonesia. Instansi tersebut diantaranya yaitu Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian Sosial (Kemensos), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Badan Narkotika Nasional (BNN) dan masih banyak instansi lainnya. Jika ditinjau dari tahun lalu yaitu tahun 2017, lowongan CPNS SMA/SMK Sederajat dibuka di beberapa isntansi besar seperti BNN, Kemenhub, Kejaksaan Republik Indonesia, Badan SAR Nasional (Basarnas), Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral), Kemensos, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Bakamla, serta masih ada beberapa instansi lain.




1.     Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI)

Pemerintah membuka pendaftaran CPNS secara online di banyak formasi dari unit kerja di berbagai lembaga di Indonesia. Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) adalah salah satu lembaga yang juga membuka pendaftaran CPNS 2018/2019 bagi lulusan SMA/SMK/MA Sederajat. Bakamla RI bergerak di bidang keamanan laut termasuk dalam menjaga sumber daya yang ada di laut tersebut dari pencuri Negara tetangga atau Negara lain. 

Sebelumnya pernah terdengar bahwa tidak akan dibuka peluang CPNS untuk Badan Kepegawaian Daerah termasuk Badan Keamanan Laut, namun nyatanya kini ada. Formasi dengan jumlah 17.928 akan siap diisi oleh CPNS dari berbagai daerah dan berasal dari banyak instansi. Cara pendaftaran CPNS Bakamla merupakan cara pendaftaran yang banyak dicari karena cukup banyak formasi yang dibuka dari berbagai latar belakang pendidikan.

Pendaftaran CPNS di instansi ini dibuka secara online dan semua masyarakat yang menginginkannya dapat segera mendaftar. Namun, berkas tetap dikumpulkan secara manual. Anda hanya perlu mengunggah file dan mengisi formulir pendaftaran yang dibutuhkan dengan lebih adil dan jujur. Persyaratan yang diajukan sama halnya dengan CPNS pada umumnya, yaitu persyaratan umum dan khusus. Informasi pendaftaran dari berbagai lembaga dapat dilihat di situs sscn.bkn.go.id. Prinsip pendaftaran CPNS Bakamla hampir sama dengan pendaftaran CPNS pada umumnya. Bakamla membuka penempatan di 3 kapal Negara yaitu kapal Negara 4801 Batam, 110 Meter batam, serta 4802 Manado.  Bagi Anda yang ingin mendaftar CPNS tahun ini, pertimbangkan masak-masak ingin mendaftar dimana karena instansi atau formasi yang dipilih hanya boleh satu saja.

2.     Badan Kepegawaian Negara (BKN)

Khusus untuk lulusan SLTA sederajat yang ada di Indonesia, baik yang sudah lama maupun baru lulus, bisa mencoba menjadi CPNS melalui penerimaan sebagai penjaga tahanan. Selain yang belum memiliki pekerjaan, bagi yang sudah memiliki pekerjaan juga bisa dicoba mendaftar. Pekerjaan tersebut dipastikan akan menjamin kehidupan Anda nantinya. Informasi mengenai pendaftaran dapat diakses pada situs sscn.bkn.go.id. setelah melakukan serangkaian tes, maka pengumuman dapat dilihat beberapa hari setelahnya.

Peserta yang telah mendaftar CPNS harus melewati proses yang lumayan panjang, paling tidak harus lulus saat CAT hingga proses lainnya untuk dinyatakan lulus. Hasil yang istimewa harus ditempuh dengan proses yang istimewa pula. Peserta yang kesulitan mendaftar akan dibantu dan dipandu oleh petugas pendaftaran CPNS.

3.     Kementerian Sosial (Kemensos)

Setiap instansi memiliki pegawai dengan masa jabatan yang semakin pendek. Faktor umur juga mempengaruhi masa kerja di suatu instansi. Umur yang semakin menua harus segera digantikan oleh kader yang lebih kreatif dan inovatif. Bagia Anda yang berminat kerja di dunia pemerintahan, bisa mendaftar CPNS di Kementerian Sosial. Tenaga teknisi sosial kini banyak dibutuhkan karena semakin banyaknya jumlah masyarakat Indonesia. Kementerian sosial mengurus tentang sosial di pemerintahan Indonesia. Kementerian sosial saat ini sedang gencar-gencarnya membutuhkan banyak kader baru yang mampu bekerja sama menjalankan tugas, visi, serta misi pembangunan masyarakat Indonesia tentunya. 

Formasi CPNS yang dibutuhkan pada Kementerian Sosial adalah auditor pelaksana, auditor pertama, pekerja sosial pertama, pranata komputer, penyuluh sosial, widyaiswara, dan masih banyak lainnya. Anda bisa melamar di Kemensos sesuai dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki. Pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan syarat umum maupun khusus yang harus dipenuhi. Selain syarat khusus dan umum, langkah yang harus ditempuh dan dilalui adalah sebegai berikut:
  1. Tahap registrasi
  2. Tahap melengkapi identitas
  3. Tahap administrasi
  4. Tahap tes kompetensi
  5. Tahap tes wawancara

4.     Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membidangi semua urusan mengenai transportasi darat, laut, dan udara. Hamper setiap tahun Kemenhub membuka peluang diterimanya CPNS untuk mengisi beberapa formasi yang kosong. Kesempatan bagi setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki kualifikasi sesuai selalu dibuka oleh Kemenhub RI dalam mengikuti tes seleksi CPNS Kementerian Perhubungan. Pendaftar harus mengetahui tugas-tugas dalam Kemenhub dan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa mendaftar CPNS dengan mudah. Persyaratan yang harus dipenuhi dapat berupa persyaratan khusus maupun umum. 

Registrasi dapat dilakukan secara online pada situs httpn://sscn.bkn.go.id dengan mengisi NIK dan nomor KK. Registrasi dilakukan pada waktu yang ditentukan dan melanjutkan aktivasi melalui email. Dokumen dapat diunggah secara online pada laman cpns.dephub.go.id. bagian yang paling penting yang harus diperhatikan adalah, satu orang hanya boleh mendaftar di satu instansi saja. Tips yang paling mujarab agar impian Anda tercapai yaitu serius serta berdoa. 

5.     Badan Narkotika Nasional (BNN)

Badan Narkotika Nasional (BNN) adalah salah satu instansi yang membuka lowongan CPNS tahun 2018. BNN merupakan lembaga pemerintahan non kementerian. Tugas dari BNN sendiri yaitu menyusun kebijakan mengenai penyalahgunaan narkoba, melakukan pemberantasan, pencegahan, pemantauan, serta memberdayakan masyarakat yang kaitannya untuk mencegah penyalahgunaan narkoba. Pendaftaran CPNS BNN juga dilakukan secara online dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi layaknya pendaftaran CPNS lainnya. Laman yang dapat diakses juga sama, yaitu https://sscn.bkn.go.id. Berkas-berkas yang dibutuhkan juga harus dipersiapkan dengan baik, seperti KTP, Ijazah, NIK, sertifikat jika dibutuhkan dan lain sebagainya. Setelah melalui beberapa proses pendaftaran dan tes, selanjutnya tinggal menunggu pengumuman yang akan disampaikan secara online pula.

Bagi Anda lulusan SMK atau SMA, selamat mengikuti tes CPNS 2018 SMK maupun SMA. Semoga berhasil.

Informasi Pendaftaran CPNS Lulusan SMA/SMK/MA Sederajat 2018

  1. Kira kira tahun ini ada berapa instansi yang membuka lowongan untuk lulusan smk/slta.. Mohon infonya
    Makasih

    BalasHapus