Pemerintah Menambah Kuota CPNS 2018 Cumlaude

Pemerintah Menambah Kuota CPNS 2018 Cumlaude | PNS merupakan cita-cita bagi semua orang, banyak orang yang bermimpi ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil karena gaji yang sudah terjamin setiap bulannya. Cita-cita menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil memang sangat diharapkan oleh semua orang dari jaman kakek nenek kita dahulu.

Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil sangat diidamkan karena sudah terjaminnya gaji setiap bulannya yang akan dibayarkan oleh pemerintah. Banyak orang yang menanti-nanti pembukaan rekrutmen CPNS di setiap tahunnya. Kabar mengenai dibukanya pendaftaran CPNS 2018 menjadi angin segar bagi setiap orang yang ingin sekali menjadi CPNS pada tahun 2018 ini.

pendaftaran cpns 2018

Pembukaan pendaftaran CPNS sudah dimulai pada tahun 2017 kemarin, dan gelombang 2 rencananya juga akan dilaksanakan pada tahun 2018. Kabar mengenai perekrutan besar-besaran CPNS 2018 ini disampaikan oleh Asman Abnur selaku kepala Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Beliau menyebutkan bahwa pembukaan pendaftaran CPNS 2018 akan diselenggarakan secara besar-besaran pada tahun 2018 ini.

Alasan dibukanya pendaftaran CPNS 2018 adalah banyaknya PNS yang pensiun dan masih banyaknya kursi kosong di pemerintahan. Kabarnya rekrutmen CPNS 2018 akan diadakan disetiap daerah atau kabupaten/kota. Bagi anda yang ingin mendaftarkan diri sebagai CPNS 2018 terus baca artikel ini ya, kami akan memberikan informasi apapun yang anda butuhkan.



Pendaftaran CPNS 2018 Cumlaude segara Dibuka

Bagi anda yang baru lulus atau fresh graduated dari perguruan tinggi, kabar baik akan kami sampaikan bagi anda yang baru lulus dan mendapatkan predikat Cumlaude. Predikat Cumlaude merupakan salah satu predikat yang membanggakan dan patut di puji karena nilai dan ketepatan waktu kuliah yang  cepat dan tidak biasa sehingga patut untuk mendapatkan pujian.

Nah, kabarnya nih pemerintah akan menambah kuota CPNS 2018 Cumlaude bagi anda yang berniat untuk mendaftarkan diri menjadi PNS dan mendapatkan gelar Cumlaude. Kabar baik ini disampaikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan – RB), pasalnya mereka akan menambah kuota bagi pelamat yang memiliki predikat cumlaude pada CPNS 2018 Cumlaude ini. Kuota cumlaude ini akan bertambah hingga 5 sampai dengan 10 persen dari jumlah penerimaan CPNS 2017 tahun lalu.

Kabar baik tersebut lebih tepatnya disampaikan oleh Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur KemenPAN – RB yang bernama Arizal. Ia menyebutkan bahwa tahun 2018 inimerupakan tahun kedua rekrutan khusus cumlaude. Alasan dari penambahan cumlaude ini adalah agar bisa menjadi birokrat yang bisa mendapatkan hasil kebijakan yang hebat. 

Formasi Penerimaan CPNS 2018 Cumlaude atau Lulusan Terpuji

Formasi mengenai penerimaan atau perekrutan CPNS 2018 Cumlaude ini merupakan salah satu strategi dari pemerintah untuk mendapatakan Tenaga Kerja Pegawai Negeri Sipil yang mampu bersaing secara global dengan Negara maju. Nah, agar bisa bersaing secara global baik di dalam dan diluar negeri maka harus dimulai dengan Aparatur Negara yang memiliki pendidikan yang baik. Hal ini disampaikan oleh Asman selaku Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang ditemui pada sebuah acara di Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat pada bulan Agustus tahun 2017 kemarin. 

Ia juga menyebutkan bahwa bagi pendaftar CPNS 2018 cumlaude atau lulusan yang memperoleh gelar dengan pujian, kemungkinan akan dibebaskan dari tes tulis dan langsung dilanjutkan pada tahapan berikutnya saja. Sangat menarik sekali bukan?

Kemnepan-RB Prioritaskan CPNS 2018 Cumlaude

Pada tahun 2017 tahun lalu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan – RB) yang merupakan salah satu dari 61 kementerian dan pemda yang tahun ini membuka lowongan CPNS 2018. 

Formasi yang dibutuhkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan – RB) pada tahun lalu ada sekitar 91 formasi yang tersedia, dan  sebanyak 19 formasi diperuntukkan bagi pelamar dari lulusan dengan gelar cumlaude atau lulus dengan pujian dari perguruan tinggi Negeri atau swasta terbaik di Indonesia. 

Banyaknya formasi CPNS 2018 Cumlaude yang diperuntukkan bagi lulusan cumlaude atau IPK di atas 3,50 dengan masa studi dibawah 5 tahun ini sangat diharapkan untuk bisa menjadi CPNS di Kementerian PAN-RB dengan harapan pegawai dari Aparatur Sipil Negara (ASN) berisi orang-orang pilihan dari lulusan sarjana terbaik dan terpilih.

Selain membuka pendaftaran untuk formasi CPNS 2018 Cumlaude, Kemenpan – RB juga membuka formasi bagi lulusan S3 dan S2, selain dari S1. Terdapat empat jabatan yang diperuntukkan bagi lulusan S3 yakni tenaga perencana Ahli Pertama, Analisis SDM Aparatur masing-masing satu orang, dan dua orang untuk Analisis Kebijakan Ahli Pertama. Sedangkan, untuk formasi sarjana S2 dialokasikan sebanyak 20 formasi dan selebihnya untuk lulusan S1.

Kriteria CPNS 2018 Cumlaude yang Akan Diterima

Satu hal yang disampaikan oleh Herman Suryatman selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB mengenai CPNS 2018 Cumlaude. Ia menambahkan, kriteria bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 cumlaude yang akan mereka terima adalah sebagai berikut:

1.       Berasal dari Perguruan Tinggi dengan Akreditas A
Lulusan cumlaude yang berada di perguruan tinggi dengan akreditasi A atau perguruan tinggi yang dapat dikatakan unggul. Menurutnya gelar cumlaude tersebut harus dibuktikan dengan adanya keterangan lulus cumlaude atau dengan pujian yang ada pada ijazah atau transkrip nilai yang mereka dapatkan dari Perguruan Tinggi dan bisa dipertanggung jawabkan.
.

2.       Lulusan dari Program Studi dengan Akreditas A
Selain lulus dari Perguruan Tinggi yang memiliki akrditas A, CPNS 2018 Cumlaude tersebut juga harus merupakan mahasiswa lulusan dari program studi yang juga terakreditasi A atau unggul pada saat lulus

3.       Memiliki Skor ITP Paper Based TOEFL Minimal
Selain berada di Perguruan tingi dan Program Studi yang terakreditasi A, Pelamar CPNS 2018 cumlaude  juga harus memiliki skor ITP paper-based TOEFL dengan skor minimal  450 bagi pelamar dari lulusan S1, dan skor minimal 500 bagi pelamar dari S2. Skor ITP paper-based TOEFL tersebut harus diterbitkan mulai 1 September 2015 (bukan prediction test).

Sekedar informasi bagi anda Kementerian PANRB juga akan menerima pelamar CPNS dari jalur umum dan disabilitas, baik untuk lulusan S1, S2 maupun S3 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 dari skala 4.00 dari program studi perguruan tinggi negeri maupun swasta dengan akreditasi minimal B. Sedangkan untuk formasi khusus bagi putra-putri Papua dan Papua Barat syaratnya adalah IPK minimal 2,75 dengan ITP paper-based TOEFL dengan skor minimal 400.

Untuk persyaratan umur, pada tahun 2018 ini. Secara umu, untuk umur minimal berusia 18 tahun, dan maksimal 32 tahun untuk lulusan S1, 33 tahun untuk S2, dan 35 tahun untuk S3. Bagi pelamar yang memiliki ijazah pendidikan dari universitas luar negeri (LN), wajib memiliki surat pernyataan ijazah yang dilegalisiasi Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Ristek Dikti.

Pihak Menpan-RB juga menjelaskan bahwa syarat bagi CPNS 2018 Cumlaude harus memiliki pendidikan S2 harus linier dengan pendidikan S1. Karena itu, pelamar harus melampirkan ijazah S1.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk CPNS 2018 Cumlaude. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Pemerintah Menambah Kuota CPNS 2018 Cumlaude