Penerimaan CPNS Tahun 2018, Tenaga Kesehatan Diutamakan

Penerimaan CPNS Tahun 2018, Tenaga Kesehatan Diutamakan | Pada masa pemerintahan presiden RI Jokowi-JK saat ini, pemerintah akan membuka kembali lowongan pendaftaran CPNS secara besar-besaran di tahun 2018 ini. Hal ini disampaikan oleh mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

"Kemungkinan akan kita buka lagi," kata Asman.

pendaftaran cpns 2018


Pada tahun 2018 ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau lebih dikenal dengan PAN-RB membuka sekitar 120 ribu lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Jumlah ini diperhitungkan berdasarkan jumlah PNS yang akan pensiun ditahun 2018 ini.

"Insya Allah kita buka pakai metode minus gross ya. Yang mana akan ada 120 ribu orang calon PNS termasuk formasi untuk pegawai daerah,". Ujar Asman Abnur, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

Kementrian PAN-RB mengharapkan sedikitnya 50 persen dari jumlah pensiunan atau sekitar 100 ribu CPNS dapat tersaring khususnya dalam formasi tenaga kesehatan dan Pendidikan. Sehingga di tahun 2018 ini, dibutuhkan kurang lebih sekitar 50 persen CPNS sebagai tenaga kesehatan. Hal ini dikarenakan masih banyaknya daerah yang kekurangan tenaga kesehatan.

Namun Terkait dengan jumlah kuota CPNS pada 2018 tersebut masih belum dipastikan dan masih akan dirapatkan. Asman Abnur - Mentri PAN-RB menjelaskan bahwa sampai saat ini pihak PAN-RB masih melakukan penghitungan kebutuhan PNS baru di setiap masing-masing kementrian dan Lembaga serta pemerintah daerah.

“nanti jika sudah selesai penghitungannya pasti akan kami umumkan” ujar Asman Abnur.

"Tadi juga sudah saya sampaikan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta agar menyusun rencana penerimaan CPNS yang benar-benar dibutuhkan. Tolong utamakan untuk tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan," tambah Asman Abnur selaku mentri PAN-RB.

Selain itu,  Asman Abnur juga menyebutkan rekrutmen pada calon Aparatur Sipil Negara (ASN) bagi bidang-bidang utama pendukung program kerja gubernur, seperti infrastruktur, harus diperhatikan agar para pegawai ditempatkan sesuai dengan bidangnya.



Tahap-tahap yang harus dilalui bagi para CPNS tenaga Kesehatan tahun 2018

Menjadi seorang Aparatur Negara bukanlah hal yang mudah karena PNS harus mengabdi kepada negara RI. Sehingga ada beberapa tahap yang harus dilakukan oleh para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Peserta CPNS harus mendaftarkan diri melelui website resmi MenPAN. di tahap ini para peserta CPNS harus mengisi formulir sesuai dengan identitas asli sesuai E-KTP. Kemudian data yang anda isi akan langsung diterima oleh server dan anda akan menerima bukti bahwa data tersebut sudah diterima. Konfirmasi tersebut akan dikirim langsung ke email anda. Isi dari email tersebut berupa Username dan password yang dapat kalian gunakan untuk mengakses SSCN.BKN.go.id.

SSCN.BKN.go.id merupakan sebuah situs untuk pendaftaran CPNS yang mana situs ini dikelola oleh Badan Kepegawaian Negawa (BKN) yang bekerja sama dengan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Setelah itu, pada tanggal yang sudah ditentukan kalian sudah dapat mendaftarkan diri melalui situs ini.

Ketentuan dan Persyaratan CPNS Tahun 2018

Untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil, para CPNS harus memenuhi segala ketentuan-ketentuan dan persyaratan-persyaratan yang sudah ditetapkan. Berikut ini beberapa ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

Ketentuan umum:

Ada banyak ketentuan yang harus dipahami oleh para CPNS, yakni:
1. Proses seleksi penerimaan Calon PegawaiNegeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 ini terbuka untuk semua Warga Negara Indonesia (WNI). Sehingga setiap Warga Negara Indonesia memiliki hak yang sama pada pendaftaran CPNS periode ini.

2. Para peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (
CPNS) bersedia mengikuti seluruh proses tahapan seleksi CPNS 2018 di lokasi yang ditentukan atas biaya sendiri.

Persyaratan Umum

Berikut beberapa persyaratan umum yang harus di penuhi oleh para CPNS:
1.       Para CPNS harus berkewarganegaraan Indonesia dan bertakwa kepada Tuhan YME, setia dan taat kepada dasar negara Pancasila, UUD 1945, dan NKRI
 Para CPNS harus sehat jasmani dan rohani.
2.       Para CPNS  harus Berkelakuan baik dan tidak pernah melakukan tindakan pidana kejahatan.
3.       Para CPNS tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
4.        Para CPNS sedang tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan pihak manapun.
5.       Para CPNS Tidak sedang menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.

Persyaratan khusus pendaftar CPNS 2018

adapun beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh para CPNS untuk mengikuti tes CPNS 2018:
1.       para CPNS harus Berijazah Magister/Master (S2), Sarjana (S1) dan Diploma (D3) yang sesuai dengan formasi jabatan yang dipilih pelamar PNS.
2.        para CPNS merupakan Lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan persyaratan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal. Jika mengacu pada tahun lalu berikut ketentuan IPK minimum yang harus dipenuhi oleh para CPNS:
a.       IPK pemalar PNS lulusan S2 sebesar 3,00 (tiga koma nol nol)
b.       IPK pemalar PNS lulusan S1 sebesar 2,75 (dua koma tujuh lima)
c.       Pelamar PNS harus Berusia serendah-rendahnya 18 tahun 

Persyaratan Administrasi

selain persyaratan-persyaratan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Para pendartar Calon Pegawai Negeri SIpil (CPNS) 2018 juga harus memenuhi beberapa persyaratan administrasi yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Pendaftaran administrasi sebagai Calon Pegawai Negeri SIpil (CPNS) pada umumnya sangatlah mudah. 

Jika mengacu pada pendaftaran Calon Pegawai Negeri SIpil (CPNS) tahun 2017 lalu,Persyaratan-persyaratan yang harus disertakanpada saat mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri SIpil (CPNS) di tahun 2018 ini adalah sebagai berikut:
1. Fotokopi KTP;
2. Fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisir
3. fotokopi transkrip nilai yang telah dilegalisir;
4. Pas foto terbaru ukuran 4cm x 6cm sebanyak 4 lembar dengan latar belakang merah.

Adapula ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi oleh pendaftar CPNS tamatan SLTA/sederajat dan D-III, sejumlah berkas inilah yang harus kamu persiapkan:
1.       materai 60000
2.       Fotocopy KTP
3.       Fotocopy Ijazah/STTB SD,
4.       Fotocopy Ijazah/STTB SLTP, dan
5.       Fotocopy Ijazah/STTB SLTA

Selain berkas-berkas administrasi, para pendaftar sebaiknya mematangkan diri dengan mempelajari soal-soal tes seleksi Calan Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk dapat lolos dalam ujian penerimaan  Pegawai Negeri Sipil (PNS) karena tes ini merupakan penentu kompeten tidaknya CPNS.

Mengingat banyaknya oknum-oknum yang memanfaatkan lowongan kerja CPNS ini, para calon CPNS dihimbau agar tidak mudah percaya mengenai informasi-informasi yang diberikan. Harap dikroscek lebih dalam agar tidak ada pihak-pihak yang dirugikan.

Dan persiapkan diri anda dengan baik untuk menghadapi tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 ini.

Penerimaan CPNS Tahun 2018, Tenaga Kesehatan Diutamakan