Rencana Pengangkatan CPNS 2018 Honorer K2

Rencana Pengangkatan CPNS 2018 Honorer K2 | Adanya kabar mengenai pembukaan pendaftaran CPNS 2018 memang membawa angin segar bagi para masyarakat yang ingin menjadi bagian dari Pegawai Negeri Sipil yang ada di Indonesia dengan mengikuti tes CPNS 2018 yang akan diadakan pada tahun ini.

Walaupun masih belum pasti kapan akan dibukakan pendaftaran CPNS 2018, namun perihal informasi tersebut berkembang dengan sangat pesat sehingga pencarian informasi mengenai CPNS 2018 menjadi pencarian nomer satu pada saat ini.

pendaftaran cpns 2018

Kemarin juga sempat ada kabar mengenai pengangkatan guru honorer K2 CPNS 2018. Namun, juga ada kabar bahwa informasi tersebut hoax dan masih sebuah wacana saja yang disampaikan oleh presiden Jokowi.



Menurut salah satu kabar berita mengenai rencana yang disampaikan oleh jokowi, pihak BKN memprotes hal tersebut. Pasalnya hal ini dirasa tidak adil karena sesuai dengan peraturan yang berlaku bahwa pengangkatan guru Honorer K2 CPNS2018 harusnya melalui tes CPNS agar adil.

Informasi Pengakatan CPNS 2018 Honorer K2 

Infromasi mengenai pengangkatan CPNS 2018 Honorer K2, pasalnya akan dilakukan secara bertahap, hal tersebut akan diwujudkan dengan melakukan revisi atas UU Aparatur Sipil Negara yang akan dilaksanakan oleh Badan Musyawarah DPR RI. Mendengar kabar tersebut ratusan ribu tenaga honorer K2 CPNS 2018 bisa bernafas lega. 

Hingga saat ini ada sekitar 430 ribuan honorer K2 yang tengah menanti kepastian akan nasibnya. Dengan adanya revisi atas UU ASN maka  pintu masuk honorer K2 CPNS 2018 akan terbuka lebar. Walaupun nantinya pengangkatan akan dilakukan secara bertahap karena terbatas akan anggaran, namun para pelamar CPNS 2018 honorer K2 bisa bernafas dengan tenang akan adanya harapan baru tersebut.

Fakta Pengangkatan CPNS 2018 Honorer K2

Walaupun beredar informasi mengenai pengangkatan CPNS 2018 Honorer K2, namun ada beberapa informasi yang salah atau bisa digolongkan sebagai hoax. Berikut ini beberapa fakta mengenai pengangkatan CPNS 2018 Honorer K2:

·         Pemerintah Pastikan Tak Semua Honorer K2 menjadi PNS
Adanya informasi mengenai pengangkatan CPNS 2018 honorer K2 bukan berarti semua tenaga honorer K2 akan diangkat secara langsung oleh pemerintah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun, menurut informasi yang kami dapatkan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan – RB). Mereka mengatakan bahwa tidak semua pegawai honorer K2  akan menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS pada tahun 2018 ini karena penerimaan akan dilakukan secara bertahap.

·         Kriteria Pengangkatan CPNS 2018 Honorer K2 Berusia Maksimal 35 Tahun
Informasi tersebut juga dipertegas oleh Setiawan Wangsaatmaja selaku Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB yang menjelaskan bahwa setidaknya akan diangkat menjadi PNS hanyalah pegawai honorer K2 yang memenuhi kriteria salah satunya adalah yang memiliki usia maksimal 35 tahun.

·         Kemenpan – RB sudah Memiliki Roadmap ASN hingga 2025
Rencana pembukaan atau pengangkatan CPNS 2018 Honorer K2 membuat Kementerian Pendayagunaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi sudah memiliki roadmap mengenai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam jangka waktu yang cukup panjang yakni hingga tahun 2025. Pada tahun 2018 ini pemerintah menargetkan untuk memiliki ASN yang berkualitas dan efektif.

Hal ini sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh Setiawan Wangsaatmaja yang  memberikan informasi bahwa saat ini pemerintah sudah menjalankannya sesuai dengan roadmap yang ada. Sehingga pihaknya meminta para Honorer K2 untuk memahami mengenai hal tersebut.

·         Adanya Perjanjian Kerja (P3K) bagi CPNS 2018 Honorer K2
Deputi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan – RB) mengusulkan kepada CPNS 2018 Honorer K2 untuk menjadi Pegawai Pemerintah dengan membuat perjanjian Kerja (P3K) yang dirasa sebagai suatu sistem yang elit, namun banyak para honorer K2 yang menolak akan hal tersebut.

·         Pengangkatan CPNS 2018 Honorer K2 Tidak Dilaksanakan Pada Jalur Khusus
Pada beberapa waktu lalu sempat terdengar kabar bahwa rekrutmen CPNS 2018 akan dilaksanakan melalui dua jalur yakni jalur umum dan jalur khusus. Jalur umum diperuntukkan untuk para pelamar CPNS 2018 pada umumnya yang akan melalui proses CPNS 2018 seperti biasanya. Sedangkan untuk jalur khusus, akan diperuntukkan bagi tenaga pegawai Honorer K2 yang sudah lama mengabdi skepada pemerintah.

Namun, pembukaan lowongan CPNS 2018 Honorer K2 masih belum jelas penerapannya. Ridwan selaku deputi Kemenpan – RB menjelaskan bahwa pengangkatan CPNS 2018 Honorer K2 tidak akan dilaksanakan melalui jalur khusus. Namun, tenaga honorer K2 yang ingin menjadi CPNS 2018 harus mengikuti prosedur pendaftaran CPNS 2018. Ini artinya, tidak akan dilakukan pengankatan secara langsung bagi pegawai Honorer K2. Mereka juga harus melalui prosedur tes CPNS 2018 agar adil dan sama dengan yang lainnya karena hal tersebut menyalahi aturan UU ASN.

Jadwal Penerimaan CPNS 2018 Honorer K2

Selanjutnya mengenai jadwal CPNS 2018 untuk tenaga Honorer K2 akan dilaksanakan kapan merupakan pertanyaan yang masih belum dapat dipastikan jawabannya. Berikut beberapa informasi yang bisa anda bahas untuk jadwal pengangkatan CPNS 2018 Honorer K2: 

·         Penyusunan road map oleh RB dan juga Kemenpan
Untuk bisa membuka pendaftaran CPNS 2018 Tenaga Honorer K2, pemerintah masih melakukan pemantauan atas penyusuna Roadmap yang disusun oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (kemenpan – RB)

·         Perumusan dari landasan hukum dan juga verifikasi
Setelah itu pemerintah masih akan membuat landasan hukum dan juga melakukan verifikasi atas UU ASN mengenai rencana pembukaan pendaftaran CPNS 2018 honorer K2. Hal tersebut diperuntukkan khusus untuk pegawai Honorer K2 yang nantinya akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil yang ada di Indonesia.

·         Pengangkatan CPNS sudah mulai dilakukan beberapa terhadap cpns honorer K2 yang terpilih
Kalaupun rencana pengangkatan CPNS Honorer K2 akan dilaksanakan, maka pengangkatan tersebut tidak akan dilaksanakan secara sekaligus. Namun, terdapat beberapa proses yang harus dihadapi oleh CPNS 2018 honorer K2 yang terpilih. Selain itu, proses pengangkatan juga akan dilakukan secara bertahap.

Satu hal yang harus anda ingat bahwa hal ini baru wacana dari pemerintah saja. Karena menurut kabar terakhir yang kami peroleh dari salah satu surat kabar elektronik, bahwa tenaga honorer k2 bisa diangkat menjadi CPNS namun dengan syarat dan ketentuan yakni harus ikut seleksi umum karena memang di tahun 2018 ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan perbaikan pegawai dan birokrasi yakni salah satunya dimulai dari sistem rekrutmen yang bersih, transparan dan akuntabel.

Untuk informasi resmi dan lebih jelasnya mengenai tes CPNS, anda bisa mengeceknya di web resmi di Menpan.go.id atau sscn.bkn.go.id

Nah sekarang sudah paham bukan apa alasan dan juga kapan jadwal pengangkatan cpns honorer k2 yang akan dilakukan untuk menjadi CPNS 2018 ? Semoga ulasan diatas berguna untuk anda terutama bagi anda yang berstatus sebagai seorang cpns honorer k2 yang belum mengetahui kapan jadwal pengangkatan menjadi seorang pns.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat. Selamat berjuang bagi para pelamar CPNS 2018, dan jangan mudah terkecoh pada informasi yang masih belum tentu benar. Terimakasih.

Rencana Pengangkatan CPNS 2018 Honorer K2