Telah Dibuka Lowongan CPNS tahun 2018 Formasi Perawat

Telah Dibuka Lowongan CPNS tahun 2018 Formasi Perawat | Kementerian Kesehatan Republik Indonesia atau (KEMENKES) adalah sebuah Lembaga dalam Pemerintahan Indonesia yang memiliki hak dalam bidang urusan Kesehatan di Negara Indonesia. Kemenkes mempunyai tugas khusus dalam melaksanakan serta merumuskan sejumlah kebijakan yang berhubungan dengan bidang Kesehatan. Selain itu Kemenkes juga turut serta menanggulangi beberapa gangguan dan hambatan yang mungkin dapat membahayakan keselamatan penduduk di Indonesia. Oleh karena itu, keberadaaan Kemenkes ini tentunya sangat membantu bagi negara Indonesia khususnya dalam aspek ketahanan Fisik dan kesehatan bangsa Indonesia.

pendaftaran cpns 2018


Tahun 2017 lalu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang menjaring sebanyak 1.000 formasi. Lowongan CPNS di Kemenkes ini terbuka bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan dokter umum/spesialis, ners, S2 dan S1, hingga D3. Tahun ini jumlah pasti formasi yang di butuhkan di Kemenkes masih belum pasti terkait jadwal dibukanya pendaftaran CPNS tahun 2018. Seperti pernyataan Menpan Asman di Kantor Kemenko Senin, 1 Januari 2018 lalu yang menyatakan bahwa bulan maret-april merupakan bulan di bukanya pendaftaran CPNS tahun 2018, jadi dimohon masyarakat Indonesia untuk menunggu dan lebih baik mempersiapkan akan kebutuhan pendaftaran.

Herman Suryatman selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, menyatakan bahwa penerimaan CPNS tahun 2018 sedikit berbeda dengan penerimaan CPNS 2017. Dimana penerimaan CPNS tahun 2018 akan diutamakan untuk tenaga kesehatan dan pengajar, "Iya memang rencananya titik beratnya lebih ke kesehatan, tenaga pengajar formasi spesifik, yang bukan ke formasi administrasi," seperti yang dilansir merdeka.com sabtu 6 Januari 2018 lalu. Tentunya bagi kamu lulusan tenaga kesehatan, merupakan sebuah angin segar mendengar pernyataan tersebut. Tenaga kesehatan yang di maksud diantaranya adalah dokter, perawat, bidan, dan apoteker dan tenaga ahli lainnya.



Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi terkait rekrutmen yang dibutuhkan untuk formasi perawat CPNS tahun 2018. Karena selain persyaratan kategori umum seperti persyaratan umum lainnya, pelamar harus sip jika ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tidak perokok dan tidak boleh mengajukan pindah selama lima tahun sejak diangkat sebagai CPNS.

Nah, jika kamu lulusan tenaga kesehatan dan berminat mendaftar sebagai CPNS Kemenkes khususnya formasi perawat. Berikut informasi persyaratan yang dapat disimak:

Persyaratan Pendaftaran CPNS tahun 2018 Kemenkes Formasi Perawat
  1. Pelamar adalah seorang Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan YME
  2. Pelamar harus taat kepada Pancasila dan UUD 1945
  3. Tidak pernah di pidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih (harus dibuktikan dengan SKCK dari Kepolisian).
  4. Bukan Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, anggota Polri, prajurit TNI dan siswa sekolah ikatan dinas di Pemerintahan.
  5. Bukan anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  6. Kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  7. Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan Surat sehat dari dokter yang masih berlaku).
  8. Tidak pernah mengkonsumsi narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari rumah sakit).
  9. Siap ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
  10. Siap untuk tidak mengajukan pindah selama lima tahun sejak diangkat sebagai CPNS.
  11. Setiap pelamar harus dapat mengoperasikan komputer (MS Office, surat elektronik dan browsing internet);
  12. Pelamar memiliki IPK 3,00 yang berasal dari Prodi Perguruan Tinggi Negeri yang terakreditasi B atau Prodi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terakreditasi A.
  1. Untuk formasi putra-putri Papua/Papua Barat, pelamar berasal dari Universitas dan  program studi Perguruan Tinggi Negeri (PTN)/Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terakreditasi dengan minimal IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) 2,75
  2. Diwajibkan memililiki Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku untuk pelamar  tenaga kesehatan kecuali entomolog dan epidemiolog diwajibkan memiliki.
  3. Untuk kriteria Cumlaude, pelamar harus lulusan dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude pada ijazah/transkrip nilai atau sertifikat Cumlaude;
  4. Untuk kriteria penyandang disabilitas, pelamar berkebutuhan khusus hanya pada kaki saja.
  5. Untuk kriteria putra-putri Papua/Papua Barat, pelamar menamatkan pendidikan SD, SMP, dan SMU di wilayah Papua/Papua Barat, yang kemudian dibuktikan dengan fotokopi ijazah yang dilegalisir atau
  6. Khusus penempatan yang dilakukan di Kantor Kesehatan Pelabuhan :
a)       Berjenis kelamin laki-laki (diutamakan)
b)       Siap bekerja dalam sistem shift  atau pembagian waktu dalam kerja
c)       Siap bekerja on call selama 24 jam
d)       Siap dan mampu melakukan beberapa pemeriksaan kapal dalam karantina baik di dermaga maupun di lepas pantai dengan sarana menggunakan tangga tali dan tangga biasa
e)       Bisa berenang
f)        Memiliki kemampuan bahasa inggris secara baik

Cara pendaftaran CPNS tahun 2018 Kemenkes Formasi Perawat  

1.      Kunjungi website https ://sscn.bkn.go.id
2.      Setelah berhasil mengakses dan masuk ke dalam website, kamu diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu apabila belum mempunyai akun atau pilih option log in apabila kamu sudah mempunyai akun.
3.      Jika kamu belum mempunyai akun, cara untuk membuat account di https ://sscn.bkn.go.id, kamu diharuskan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat di KTP. Untuk satu NIK hanya boleh digunakan untuk 1 akun saja. Jangan lupa untuk membuat password, usahakan password mudah diingat namun masih akurat karena kamu tidak dapat membuat akun baru lagi.
4.      Jika kamu sudah berhasil log in, maka kamu diharuskan untuk mengisi biodata diri secara lengkap.
5.      Apabila kamu sudah melengkapi biodata diri, silakan berpindah ke option selanjutnya yakni option untuk memilih jabatan yang kamu inginkan nantinya. Dan juga kamu harus berhati-hati dalam memilih golongan, apabila kamu merupakan lulusan Cumlaude, maka kamu wajib memilih opsi Cumlaude. Hati-hati juga dalam memilih jabatan, pastikan kamu sudah memilih jabatan yang benar-benar kamu inginkan.
6.      Setelah selesai memilih option di atas, maka kamu diwajibkan untuk mengunggah beberapa berkas/dokumen. Dokumen-dokumen tersebut terdiri dari:
a)      Surat lamaran yang dapat kamu unduh di website https ://sscn.bkn.go.id pada bagian pengumuman. Jangan lupa wajib diberi materai Rp. 6.000,- serta ditandatangani dengan tinta berwarna hitam.
b)      Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang telah di scan atau kamu juga bisa melampirkan Surat Keterangan Rekaman Kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
c)      Jika domisili sekarang berbeda dengan alamat yang ada di KTP, maka kamu diwajibkan untuk mengunggah surat keterangan dari Kepala Desa yang berisi keterangan bahwa kamu telah berdomisili di daerah tersebut minimal 1 tahun.
d)      Scan ijzah dan transkrip nilai yang asli.
e)      Surat pernyataan yang dapat di download di website https ://sscn.bkn.go.id pada bagian pengumuman. Jangan lupa surat pernyataan ini wajib diketik dan diberi materai Rp. 6.000,- dan ditanda tangani menggunakan tinta hitam.
f)       Melampirkan pas foto berukuran 3X4 sebanyak 1 lembar.
7.      Setelah Anda selesai mengupload semua dokumen, bagi pelamar yang dinyatakan lulus dapat mencetak kartu peserta ujian secara online pada website https ://sscn.bkn.go.id.

Nah, kamu juga bisa mengunjungi website CPNS Kemenkes di https://cpns.kemkes.go.id  jangan lupa mempersiapkan diri dengan baik dan jangan lupa lengkapi berkasnya. Perlu juga mengingat pernyataan Herman Suryatman menyikapi permasalahan dan issue yang berkembang di masyarakat. Ia mengatakan bahwa ,asyarakat khususnya yang berminat untuk mengikut CPNS tahun ini jangan sampai percaya dengan orang atau beberapa oknum yang meminta sejumlah uang untuk penerimaan CPNS, karena seleksi CPNS bersih dan jauh dari Korupsi, kolusi, nepotisme (KKN). 

Ia juga berpedan agar pelamar CPNS tahun 2018 hanya perlu berusaha, belajar berdoa dan perbanyak latihan agar bisa lolos test CPNS tahun 2018. Nah gimana, sudah siapkah kamu?

Telah Dibuka Lowongan CPNS tahun 2018 Formasi Perawat